Permainan ‘Siswa Detektif Gizi’: Mendata Dan Menganalisa Label Makanan Kemasan

Share this post on:

 

Permainan “Detektif Gizi”: Mendata dan Menalisa Label Makanan Kemasan

Oleh: Puji Arintoko, S.Pd | Publikasi: 26 Juni 2025

Siswa memeriksa label makananAktivitas investigasi label kemasan oleh siswa (ilustrasi gambar)

🔍 Latar Belakang

Berdasarkan riset BPOM 2024, 72% siswa SMP tidak memahami arti angka AKG (Angka Kecukupan Gizi) pada kemasan. Padahal, kemampuan ini krusial untuk mencegah:

  • Konsumsi gula berlebih (>50g/hari)
  • Efek aditif makanan (MSG, pewarna sintetik)
  • Kecanduan makanan ultra-proses

🕵️‍♂️ 3 Tahap Permainan Detektif

Tahap 1: Mencermati

Alat Gunakan kaca pembesar DIY dari plastik mika bekas kemasan

Tugas Siswa: Identifikasi 5 komponen wajib label:

KomponenContoh
Informasi GiziKalori, lemak total, protein
Daftar BahanTepung terigu, gula, pengemulsi

Tahap 2: Decoding

Media Kartu flashcard “Kode E” (unduh di sini)

Contoh Aktivitas: Mencocokkan kode aditif dengan risikonya:

  • E102 (Tartrazine) → Pewarna kuning, picu alergi
  • E621 (MSG) → Penguat rasa, batasi konsumsi
Kartu edukasi kode EAlat peraga kode aditif makanan (gambar)

Tahap 3: laporan

Produk Buat “Laporan Detektif” dengan template:

  1. Produk ter-“sehat” di kelas
  2. Produk dengan gula tersembunyi
  3. Rekomendasi alternatif sehat

📊 Integrasi Kurikulum

Link dengan Mapel:

  • IPA: Klasifikasi zat aditif (KD 3.7)
  • Matematika: Hitung persentase AKG
  • Bahasa: Presentasi laporan investigasi

🎯 Variasi Aktivitas

Field trip ke supermarketField trip analisis produk
Presentasi posterLomba poster “Fakta Gizi”

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *